A. ABSTRAKSI
Pendidikan
tinggi menduduki strata tertinggi dalam dunia pendidikan dan berperan penting
dalam menghasilkan sarjana-sarjana yang mampu bersaing di era globalisasi ini,
dan juga diharapkan mencetak mahasiswa-mahasiswa yang peka terhadap lingkungan
sosial di sekitarnya.
-ILMU SOSIAL DASAR juga ditunjang oleh kelompok mata kuliah lain diantaranya:
pancasila, pendidikan sejarah perjuangan bangsa, agama, kewiraan,IAD, ISD, IBD.
- ILMU SOSIAL DASAR sebagai bagian dari Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) adalah hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya, jadi dalam prosesnya dibutuhkan peran penting dari manusia itu sendiri agar tercapai hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekitarnya.
- ILMU SOSIAL DASAR sebagai bagian dari Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) adalah hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya, jadi dalam prosesnya dibutuhkan peran penting dari manusia itu sendiri agar tercapai hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekitarnya.
B. PENDAHULUAN
1. Latar belakang
Pendidikan dapat diartikan sebagai
suatu proses pembelajaran, pemberianpengetahuan, keterampilan dan sikap melalui
pikiran, karakter serta kapasitas fisik denganmenggunakan pranata pranata agar
tujuan yang ingin dicapai dapat dipenuhi. Pendidikandapat diperoleh melalui
lembaga formal dan informal. Penyampaian kebudayaan melaluilembaga informasi tersebut dilakukan melalui enkulturasi
semenjak kecil di dalam lingkungankeluarganya.
Dalam masyarakat yang sangat kompleks,
terspesialisasi dan berubah cepat,pendidikan memiliki fungsi yang sangat besar
dalam memahami kebudayaan sebagai satukeseluruhan.Dengan makin cepatnya
perubahan kebudayaan, maka makin banyak diperlukanwaktu untuk memahami
kebudayaannya sendiri. Hal ini membuat kebudayaan di masadepan tidak dapat
diramalkan secara pasti, sehingga dalam mempelajari kebudayaan barudiperlukan
metode baru untuk mempelajarinya.
Dalam hal ini pendidik dan
antropologharus saling bekerja sama, dimana keduanya sama-sama memiliki peran
yang penting dansaling berhubungan. Pendidikan bersifat konservatif yang
bertujuan mengekalkan hasil-hasilprestasi kebudayaan, yang dilakukan oleh
pemuda-pemudi sehinga dapat menyesuaikan diripada kejadian-kejadian yang dapat
diantisipasikan di dalam dan diluar kebudayaan sertamerintis jalan untuk
melakukan perubahan terhadap kebudayaan.
C. ISI
Ilmu Sosial
Dasar di bidang pendidikan
1.
Ilmu alamiah adalah ilmu
yang mempelajari tentang alam, yang berhubungan lingkungan alam seperti fisika,
kimia, biologi,astronomi, botani dll.
2. Ilmu
Sosial adalah ilmu yang mempelajari sosial manusia di lingkungan sekitar seperti
sosiologi, ekonomi, politik, antropologi sejarah, psikologi, geogrofi dll.
3. Ilmu
budaya adalah ilmu yang mempelajari adat istiadat atau kebiasaan hidup manusia di suatu wilayah seperti bahasa,
agama, kesusastraan, kesenian dll.
Pengertian
Menurut G. TERRY PAGE, dkk
Proses pengembangan kemampuan dan
perilaku manusia secara keseluruhan.
Menurut CARTER V. GOOD
Proses dimana orang di hadapkan
pada pengaruh lingkungan yang terpilih dan terkontrol, sehingga dia dapat
memperoleh atau mengalami perkembangan kemampuan sosial.
Tujuan
-
Menanamkan nilai-nilai sosial dalam hal bermasyarakat.
Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar di bidang pendidikan
Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar di bidang pendidikan
Berdasarkan ruang lingkup di atas masih
perlu penjabaran untuk bisa dioperasionalkan ke pokok bahasan dan sub pokok
bahasan. Yaitu :
1. Mempelajarai adanya berbagai masalah pendidikan dan hubungan dengan perkembangan pendidikan dan kebudayaan2. Mempelajari adanya masalah individu dengan masyarakat.
3. Mengkaji masalah kependidikan dan sosialisasi pendidikan.
4. Mempelajari hubungan antar pendidikan yang ada.
5. Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial pendidikan dan persamaan di pendidikan.
6. Mempelajari masalah yang dihadapi sebuah ilmu sosial di pendidikan.
1. Mempelajarai adanya berbagai masalah pendidikan dan hubungan dengan perkembangan pendidikan dan kebudayaan2. Mempelajari adanya masalah individu dengan masyarakat.
3. Mengkaji masalah kependidikan dan sosialisasi pendidikan.
4. Mempelajari hubungan antar pendidikan yang ada.
5. Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial pendidikan dan persamaan di pendidikan.
6. Mempelajari masalah yang dihadapi sebuah ilmu sosial di pendidikan.
D.
KESIMPULAN
Kesimpulan Ilmu Sosial Dasar dalam bidang pendidikan adalah agar
pendidikan tinggi di harapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang memiliki
seperangkat pengetahuan yang terdiri atas kemampuan akademis,kemampuan professional,
dan kemampuan personal.
serta dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum
tentang konsep - konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial
agar daya tanggap, persepsi, penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan
sosial dapat ditingkatkan lagi sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan
sosialnya dapat menjadi lebih besar, memperoleh wawasan pemikiran yang lebih
luas, dan memiliki kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota golongan
terpelajar Indonesia.
khususnya berkenaan dengan sikap tingkah laku manusia dalam
menghadapi manusia-manusia lainnya, serta sikap dan tingkah laku manusia dalam
menghadapi manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan.
E.
DAFTAR PUSTAKA
http://abenknst.blogspot.com/2010/06/pengertian-dan-ruang-lingkup-ilmu.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar