Selasa, 27 November 2012

ilmu sosial dasar di bidang pendidikan



     A.    ABSTRAKSI
     Pendidikan tinggi menduduki strata tertinggi dalam dunia pendidikan dan berperan penting dalam menghasilkan sarjana-sarjana yang mampu bersaing di era globalisasi ini, dan juga diharapkan mencetak mahasiswa-mahasiswa yang peka terhadap lingkungan sosial di sekitarnya.


-ILMU SOSIAL DASAR juga ditunjang oleh kelompok mata kuliah lain diantaranya: pancasila, pendidikan sejarah perjuangan bangsa, agama, kewiraan,IAD, ISD, IBD.

- ILMU SOSIAL DASAR sebagai bagian dari Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) adalah hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya, jadi dalam prosesnya dibutuhkan peran penting dari manusia itu sendiri agar tercapai hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekitarnya. 


 



      B.    PENDAHULUAN
       1.     Latar belakang
        Pendidikan dapat diartikan sebagai suatu proses pembelajaran, pemberianpengetahuan, keterampilan dan sikap melalui pikiran, karakter serta kapasitas fisik denganmenggunakan pranata pranata agar tujuan yang ingin dicapai dapat dipenuhi. Pendidikandapat diperoleh melalui lembaga formal dan informal. Penyampaian kebudayaan melaluilembaga informasi tersebut dilakukan melalui enkulturasi semenjak kecil di dalam lingkungankeluarganya.
          Dalam masyarakat yang sangat kompleks, terspesialisasi dan berubah cepat,pendidikan memiliki fungsi yang sangat besar dalam memahami kebudayaan sebagai satukeseluruhan.Dengan makin cepatnya perubahan kebudayaan, maka makin banyak diperlukanwaktu untuk memahami kebudayaannya sendiri. Hal ini membuat kebudayaan di masadepan tidak dapat diramalkan secara pasti, sehingga dalam mempelajari kebudayaan barudiperlukan metode baru untuk mempelajarinya.
         Dalam hal ini pendidik dan antropologharus saling bekerja sama, dimana keduanya sama-sama memiliki peran yang penting dansaling berhubungan. Pendidikan bersifat konservatif yang bertujuan mengekalkan hasil-hasilprestasi kebudayaan, yang dilakukan oleh pemuda-pemudi sehinga dapat menyesuaikan diripada kejadian-kejadian yang dapat diantisipasikan di dalam dan diluar kebudayaan sertamerintis jalan untuk melakukan perubahan terhadap kebudayaan.

C.     ISI
Ilmu Sosial Dasar di bidang pendidikan
1.      Ilmu alamiah adalah ilmu yang mempelajari tentang alam, yang berhubungan lingkungan alam seperti fisika, kimia, biologi,astronomi, botani dll.
2. Ilmu Sosial adalah ilmu yang mempelajari sosial manusia di lingkungan sekitar seperti sosiologi, ekonomi, politik, antropologi sejarah, psikologi, geogrofi dll.
3. Ilmu budaya adalah ilmu yang mempelajari adat istiadat atau kebiasaan hidup   manusia di suatu wilayah seperti bahasa, agama, kesusastraan, kesenian dll.
                                     
Pengertian
Menurut G. TERRY PAGE, dkk
Proses pengembangan kemampuan dan perilaku manusia secara keseluruhan.

Menurut CARTER V. GOOD
Proses dimana orang di hadapkan pada pengaruh lingkungan yang terpilih dan terkontrol, sehingga dia dapat memperoleh atau mengalami perkembangan kemampuan sosial.

Tujuan
- Menanamkan nilai-nilai sosial dalam hal bermasyarakat.

Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar di bidang pendidikan

Berdasarkan ruang lingkup di atas masih perlu penjabaran untuk bisa dioperasionalkan ke pokok bahasan dan sub pokok bahasan. Yaitu :

1. Mempelajarai adanya berbagai masalah pendidikan dan hubungan dengan perkembangan pendidikan dan kebudayaan2. Mempelajari adanya masalah individu dengan masyarakat.
3. Mengkaji masalah kependidikan dan sosialisasi pendidikan.
4. Mempelajari hubungan antar pendidikan yang ada.
5. Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial pendidikan dan persamaan di pendidikan.
6. Mempelajari masalah yang dihadapi sebuah ilmu sosial di pendidikan.



    D.   KESIMPULAN
Kesimpulan Ilmu Sosial Dasar dalam bidang pendidikan adalah agar pendidikan tinggi di harapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang memiliki seperangkat pengetahuan yang terdiri atas kemampuan akademis,kemampuan professional, dan kemampuan personal.
serta dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep - konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan lagi sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya dapat menjadi lebih besar, memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas, dan memiliki kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota golongan terpelajar Indonesia.
khususnya berkenaan dengan sikap tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lainnya, serta sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan.



    E.    DAFTAR PUSTAKA
http://abenknst.blogspot.com/2010/06/pengertian-dan-ruang-lingkup-ilmu.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar