Selasa, 29 Oktober 2013

Teori Organisasi Umum


RESUME MINGGU KEDUA PRESENTASI

Kelompok 3 (Pengambilan keputusan dalam organisasi)

Menurut saya mengenai pengambilan keputusan yang telah di jelaskan oleh kelompok ini adalah. Metode pengambilan keputusan paling ideal sebenarnya tidak ada yang ideal. Semua nya tergantung masalah yang dihadapi, juga tergantung organisasi nya itu sendiri. Jika ingin mengambil keputusan itu biasa nya ada yang mengikuti pimpinannya di dalam organisasi tersebut . seperti hal nya gaya kepemimpinan di dalam organisasi, apakah iya menindak tegas dalam pengambilan keputusan yang tepat, atau apakah iya hanya asal saja dalam mengambil keputusan.

Jikalau bisa seorang pimpinan harus mengkombinasikan tahapan pengambilan keputusan dengan cara disosialisasikan agar seluruh anggota menerima keputusan yang telah di buat, jika dalam pengambilan keputusan itu menyebabkan terjadi nya konflik, maka bisa di ambil jalan untuk melakukan musyawarah kembali, dan jika hal itu belum bisa di terima bisa dilakukan voting.

Dalam melakukan voting biasanya orang orang yang kalah suara mereka membuat kelompok baru, dan jika hal itu terjadi maka mereka akan mengeluarkan diri mereka dari organisasi tersebut karna merasa visi misi mereka sudah tidak sama dengan visi misi dalam organisasi itu. Dan hal itulah yang disebuat tidak mempunyai kedewasaan dalam organisasi.

Dan dalam metode pengambilan keputusan itu ada 4 salah satu nya dengan menggunakan kekuatan fisik, dalam metode ini sangat tidak baik untuk dilakukan karna tidak akan menyelesaikan masalah yang terjadi, dan lebih baik menerima keputusan yang ada. Dan dalam teknik pengambilan keputusan salah satu nya pengambilan keputusan modern ini melibatkan para ahli di bidang nya dengan memeriksa catatan masa lalu (masalah yang pernah di alami) dan dihubungankan oleh budaya yang saat itu berlangsung. Saya rasa cukup. Terima kasih.


Kelompok 4 (peran komunikasi dalam organisasi)

Menurut saya yang telah kelompok 4 jelaskan dapat di mengerti seperti hal berikut ini. Berkomunikasi itu sangat diperlukan dalam organisasi agar organisasi itu dapat berjalan dengan baik dan menjadi organisasi yang berintegritas. Disetiap organisasi itu harus mempunyai struktur komunikasi. Komunikasi yang paling ideal dengan face to face (bertatap muka secara langsung) agar lebih bisa terpahami bahasa tubuhnya , mimik nya (ekspresi). Sehingga, jika tidak face to face biasanya akan timbul masalah yaitu kurang nya pemahaman terhadap komunikasi yang berjalan.

Ada 2 cara komunikasi yaitu internal dan eksternal. Internal terdiri dari vertical dan horizontal yang di maksudkan misal nya komunikasi antara bos dan bawahan.  Komunikasi yang baik, jika kita berkomunikasi  harus menyadari level kita, jika kita berkomunikasi dengan bos, gaya bahasa yang kita gunakan harus baik, namun jika kita berkomunikasi antara kita dengan teman gaya berbahasa seperti apapun tidak akan menjadi masalah. Maka dari itu kita harus mempelajari banyak tentang gaya berkomunikasi yang baik.

Juga diiringi dengan pemilihan media yang sesuai, jika yang ingin di bicarakan banyak lebih baik  menggunakan telepon secara langsung terhadap orang yang bersangkutan. Sangatlah tidak baik jika kita membahas suatu pembicaraan yang banyak menggunakan media sms karna akan terjadi hambatan dalam berkomunikasi.

Adat atau budaya juga pemicu terjadinya hambatan dalam berkomunikasi karna bisa terjadi perbedaan makna. Dan prinsip organisasi ke masyarakat luar , kita harus memperkenal kan organisasi tersebut dengan mensosialisasikannya. Seperti melakukan kegiatan dengan lingkungan sekitar agar lingkungan sekitar menerima keberadaan organisasi tersebut. Saya rasa cukup. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar