RESUME MINGGU KEDUA
PRESENTASI
Kelompok 3 (Pengambilan
keputusan dalam organisasi)
Menurut saya mengenai pengambilan
keputusan yang telah di jelaskan oleh kelompok ini adalah. Metode pengambilan
keputusan paling ideal sebenarnya tidak ada yang ideal. Semua nya tergantung
masalah yang dihadapi, juga tergantung organisasi nya itu sendiri. Jika ingin
mengambil keputusan itu biasa nya ada yang mengikuti pimpinannya di dalam organisasi
tersebut . seperti hal nya gaya kepemimpinan di dalam organisasi, apakah iya
menindak tegas dalam pengambilan keputusan yang tepat, atau apakah iya hanya
asal saja dalam mengambil keputusan.
Jikalau bisa seorang pimpinan
harus mengkombinasikan tahapan pengambilan keputusan dengan cara
disosialisasikan agar seluruh anggota menerima keputusan yang telah di buat,
jika dalam pengambilan keputusan itu menyebabkan terjadi nya konflik, maka bisa
di ambil jalan untuk melakukan musyawarah kembali, dan jika hal itu belum bisa
di terima bisa dilakukan voting.
Dalam melakukan voting biasanya orang
orang yang kalah suara mereka membuat kelompok baru, dan jika hal itu terjadi
maka mereka akan mengeluarkan diri mereka dari organisasi tersebut karna merasa
visi misi mereka sudah tidak sama dengan visi misi dalam organisasi itu. Dan hal
itulah yang disebuat tidak mempunyai kedewasaan dalam organisasi.
Dan dalam metode pengambilan keputusan
itu ada 4 salah satu nya dengan menggunakan kekuatan fisik, dalam metode ini
sangat tidak baik untuk dilakukan karna tidak akan menyelesaikan masalah yang
terjadi, dan lebih baik menerima keputusan yang ada. Dan dalam teknik
pengambilan keputusan salah satu nya pengambilan keputusan modern ini
melibatkan para ahli di bidang nya dengan memeriksa catatan masa lalu (masalah
yang pernah di alami) dan dihubungankan oleh budaya yang saat itu berlangsung. Saya
rasa cukup. Terima kasih.
Kelompok 4 (peran komunikasi dalam
organisasi)
Menurut saya yang telah kelompok
4 jelaskan dapat di mengerti seperti hal berikut ini. Berkomunikasi itu sangat
diperlukan dalam organisasi agar organisasi itu dapat berjalan dengan baik dan
menjadi organisasi yang berintegritas. Disetiap organisasi itu harus mempunyai
struktur komunikasi. Komunikasi yang paling ideal dengan face to face (bertatap
muka secara langsung) agar lebih bisa terpahami bahasa tubuhnya , mimik nya
(ekspresi). Sehingga, jika tidak face to face biasanya akan timbul masalah
yaitu kurang nya pemahaman terhadap komunikasi yang berjalan.
Ada 2 cara komunikasi yaitu
internal dan eksternal. Internal terdiri dari vertical dan horizontal yang di
maksudkan misal nya komunikasi antara bos dan bawahan. Komunikasi yang baik, jika kita
berkomunikasi harus menyadari level
kita, jika kita berkomunikasi dengan bos, gaya bahasa yang kita gunakan harus
baik, namun jika kita berkomunikasi antara kita dengan teman gaya berbahasa
seperti apapun tidak akan menjadi masalah. Maka dari itu kita harus mempelajari
banyak tentang gaya berkomunikasi yang baik.
Juga diiringi dengan pemilihan
media yang sesuai, jika yang ingin di bicarakan banyak lebih baik menggunakan telepon secara langsung terhadap
orang yang bersangkutan. Sangatlah tidak baik jika kita membahas suatu
pembicaraan yang banyak menggunakan media sms karna akan terjadi hambatan dalam
berkomunikasi.
Adat atau budaya juga pemicu
terjadinya hambatan dalam berkomunikasi karna bisa terjadi perbedaan makna. Dan
prinsip organisasi ke masyarakat luar , kita harus memperkenal kan organisasi
tersebut dengan mensosialisasikannya. Seperti melakukan kegiatan dengan
lingkungan sekitar agar lingkungan sekitar menerima keberadaan organisasi
tersebut. Saya rasa cukup. Terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar