Senin, 18 November 2013

TEORI ORGANISASI UMUM


Resume minggu ketiga presentasi

Kelompok 5 (pengembangan dan perubahan organisasi)


Suatu organisasi  pada awal nya pasti selalu mendirikan organisasi kecil terlebih dahulu sebelum membesarkan organisasi tersebut, dengan menggunakan tahapan tahapan yang baik untuk mencapai target yang ingin dicapai dan mensukseskan organisasi tersebut.

Dan salah satu cara agar organisasi mencapai sukses kita harus mempunyai management. Management yang mengatur jalan nya suatu organisasi dengan melakukan perencanaan perkembangan dan perubahan sesuai dengan perkembangan zaman dan perubahan teknologi.

Perkembangan dan kemajuan teknologi juga merupakan penyebab penting dilakukannya perubahan. Penggantian perlengkapan lama dengan perlengkapan baru yang lebih modern menyebabkan perubahan dalam berbagai hal, misalnya: prosedur kerja, kualitas dan kuantitas tenaga kerja, jenis bahan baku.  hubungan pola kerja diubah karena adanya perlengkapan baru.

Perkembangan IPTEK terus berlanjut sehingga setiap saat ditemukan berbagai teknologi baru tidak memaksa organisasi untuk melakukan perubahan. Organisasi yang tidak tanggap akan teknologi tersebut akan tertinggal dan tidak akan sanggup survive. Maka dari itu pentinglah dalam suatu organisasi mengikuti perkembangan dan perubahan zaman.


Kelompok 6 (kepemimpinan dalam organisasi)

Prinsip kepemimpinan harus mempunyai tahapan, pemimpin harus bisa mengarahkan , harus bisa melatih bawahannya. Dan pemimpin harus menjadi seseorang yang partisipan yaitu pemimpin yang turut serta  turun ke lapangan dalam kegiatan . agar bawahan bisa respect ke pimpinan nya tersebut, dan berpengaruh pada kualitas kerja bawahan nya. Delegasi pemimpin tidak harus semua nya dia yang mengerjakan tapi harus di percayakan kebawahannya, agar tetap terjaga kharisma si pemimpin tersebut.

Jika dalam sebuah perusahaan besar , seorang pemimpin harus mempunyai divisi khusus yaitu divisi konseling. Yang juga biasa disebut sebagai management stress. Pemimpin sering kali mengalami masalah masalah yang amat sulit diselesaikan ketika si pemimpin itu stress, setelah si pemimpin melakukan konseling dan stress nya hilang. Si pemimpin bisa focus dengan masalah yang dialami dan masalah akan terselesaikan dengan baik.

Dan beberapa ahli mengatakan ada banyak tipe gaya kepemimpinan. Salah satu nya narsisme, dalam narsisme tersebut mempunyai nilai positif dan negative. Pemimpin harus mempunyai visioner atau pandangan pandangan baik agar di nilai positif. Pemimpin harus kayak dengan ide ide cermelang. Dan gaya kepemimpinan tidak selalu satu orang satu tipe.

Kecenderungan seseorang memilih pemimpin nya dengan melihat penampilan luar nya saja tanpa melihat kualitas pemimpin itu sendiri. Itu lah kelemahan dalam memilih pemimpin. Seharus nya kita melihat pemimpin tersebut dari mampu atau tidak nya dia mempimpin. Dan melihat royalitas dia terhadap rakyat/bawahannya/anggota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar